Bingung Pilih Laptop Buat Kampus?

Hi Balik lagi dengan gw,yang sempet lama menghilang entah kemana dari sini.Sesuai dengan Judulnya kali ini saya mau bahas tentang Laptop-Laptop yang pas buat kalian semua terutama buat MABA (Mahasiswa Baru) yang bingung mau beli Laptop apa.

Mahasiswa baru
Mahasiswa Baru
Pertama saya mau membagi Tiga golongan jurusan kuliah. Teknik dan Non Teknik

Teknik sendiri diisi oleh,Teknik Informatika,Sistem Informasi,Teknik Elektro,Teknik Mesin,dan jurusan-jurusan lainnya yang menurut kalian Laptop kalian itu harus diinstal Software khusus penunjang  Kuliah kalian.

Non Teknik sendiri diisi oleh Mahasiswa Sastra,Ekonomi,Sekertaris,dan jurusan-jurusan lainnya yang Basicly tidak membutuhkan Program khusus dan hanya "Office" saja.

Anak ilmu Komunikasi dan Seni Design mungkin bisa ikutin dulu aja,siapa tau bisa jadi referensi.

Yang kedua saya mau tanya,kalian beli laptop tujuannya untuk apa? kalau udah dijawab,pegang jawaban anda terus sampai selesai baca post ini.

Ketiga,Udah lengkap semua peralatan buat besok ngampus? Binder,isi Binder, Pensil, Penghapus, Pulpen,Tas,Sepatu,FlashDisk,dan kawan-kawannya.Kenapa saya kasih tau dulu sebelum saya masuk ke inti? karna biar kalian beda dengan mahasiswa Abadi dan Mahasiswa Tingkat akhir yang biasanya cuma membawa Pulpen dan Isi Binder tiga sampai lima lembar saja,itu temasuk beruntung. Malah ada yg cuma modal Flashdisk dan Kamera Handphone saja.

MaA


Langsung masuk,Oke pasti kalian semua ingin punya Laptop dengan Spesifikasi Mantab dengan layar lebar,Mouse Gaming,dan Headset Gaming.Saya yakin 99.98% cowo atau cewe pasti mau ini, mulai dari Kutu Buku sampai Penggila Game.

Tapi sayangnya Harga Laptop Real Gaming lumayan mahal sekitar 20Juta sampai 50Juta dan itu belum termasuk Headset,Mouse,Anti Gores, Anti Maling,Waterproof,Mousepad,Monitur UHD,Joystik buat PES,Kabel HDMI,dan lain lain  (Yang dicoret artinya ga perlu).

Oke mungkin sebagian orang rela mengeluarkan uang lebih buat beli Laptop Gaming sampai 50Juta dan rela membawa laptop yang beratnya  3-5 KG,dan jangan lupa laptop gaming memiliki ukuran layar yang cukup luas,kalau kalian ga malu sih ga masalah. Tapi ingat,Mahasiswa pada umumnya cuma menggunakan Office dan Web Browser untuk sehari-hari baik untuk tugas,cari materi,kuliah online,download software-software standar,dll. Tapi pernah kepikiran untuk membagi Budget kalian untuk membeli Dua Laptop atau Satu Laptop dan Satu PC.

Split
Bagi dua Budget
Banyak merek-merek Laptop yang menawarkan Gaming Laptop yang bikin kamu ga bisa tidur.Mulai dari ROG,Alienware,Razer,Origin,Gigabyte,dan merek-merek lainnya yang cape kalau diketik satu persatu. Tapi kalau gw Nope,Nope,Nope ga mau beli Laptop Gaming.Terus saya main game dimana kaka? Sini dek sini sama OM nanti OM kasih tau.

Kalau OM sih (Ehem!), kalau saya tidak suka bermain game dan kuliah disatu laptop,kenapa? Pertama PANAS,Kedua kalau laptop Kampus di campur dengan banyak Game dan Laptop tersebut terkena Virus dan Malware dari asal main colok ke lubang USB port dan dan dan lainnya yang mengharuskan menginstal ulang Laptop dan yakin mau mendownload ulang game yang ingin kalian mainin segitu banyaknya yang sizenya sampai 80GB?.Kan aku instal gamenya di HDD External OM? Kalau virusnya udah masuk HDD gimana dek?,Yang Ketiga Colokan atau Power jadi semakin berat kerja Laptop apa lagi digunakan main game pasti membutuhkan banyak Power yaitu listrik dan rata-rata ga semua ruangan kampus memiliki banyak stopkontak lain halnya dengan di Perpustakaan,tapi kalau kalian nekat untuk main game disana sih ya gapapa paling kartu Mahasiswa/Kartu Perpus kalian ditahan.

Om Banyak Bacot,buruan masuk intinya!
Ampun dek ampun jangan galak.Jadi gini,pertama Budget kalian berapa?

A. >10 Juta ++
B. <10 Juta ++

Kalau budget kalian diatas 10 Juta ,udah bisa kita split.Jadi yang diutamakan Gaming Laptopnya/ PC Gamingnya dulu.Misalnya Uang kalian ada 20 Juta,lalu kita split yang 15 Juta buat Laptop/PC dengan Spek Game dan 5 Juta udah bisa beli laptop standar itupun bisa buat main DOTA 2.

Kalau Budget kalian dibawah 10 Juta,jangan di split langsung beli laptop aja yang sesuai dengan spek dan budget kalian.

duitt
Duit ModoMarble kali ini
Beli Laptop Gaming atau PC Gaming?
Kalian pasti bingung mau beli Laptop Gaming atau PC Gaming,biar ga bingung kita bahas aja langsung.

Laptop Gaming
Saya yakin banyak diluar sana merek-merek laptop Gaming dengan Spek yang ga jauh beda dengan kompetitor-kompetitornya.Pastinya kalian bingung mau pilih yang seperti apa? Coba ikutin tips saya
  1. Cari Review Orang di Youtube,Blog,dan Grup tentang laptop yang mau kalian beli.
  2. Bandingkan Spek satu laptop dengan laptop lainnya,inget yang dibandingkan itu komponennya bukan laptopnya.Misalnya RAM,VGA,HDD speed,dll
  3. Tau Perbedaan antara Memory dan HDD. Memory itu RAM dan HDD itu Hardisk jangan sampai salah
  4. Fitur tambahan,misalnya ada Anti Glare,Finger Print,dll
  5. Service Centrenya ada ga di daerah kalian
  6. Kalau bisa cari yang bonus dan diskonnya besar 
PC Gamming
Saya menganjurkan untuk membeli PC Gamming,Karna dengan harga Laptop yang 15Juta kita bisa Bangun PC gamming yang Gahar melebihi laptop yang 15 Juta. Dan perbedaan komponennya pun Jauh,contoh VGA GT 740M (untuk laptop) dan GT 740 (Desktop/PC) dan yang menang tetap GT 740 Cek disini Buktinya .


Jadi mulai sekarang jangan terlalu fokus ke Laptop Gaming,mungkin bagi kalian yang tetap mau beli ya ga masalah mungkin kebutuhan kalian berbeda.Tadi saya coba Rakit Online PC dan hasilnya seperti ini,walaupun itu asal entry barang tapi harganya ga sampai 15 Juta walau beda tipis. Dibandingkan Laptop dengan Spesifikasi Gaming (Bukan Laptop Gaming) menurut saya mendingan Build PC Gaming.
result
Hasilnya

Laptop Untuk Sehari-hari (Standar)
Namanya juga Laptop Standar ya yang pasti ga ada yang terlalu spesial dari laptop ini,mungkin cuma dipakai Office,Browsing,Multimedia ringan,Game-game ringan,dan Ngoding kalau kalian anak Teknik. kalau boleh saya sarankan kalau untuk Laptop tanpa Ngoding lebih baik beli Chromebook Simpel,Ringan,Daya Tahan Baterai sampai 13Jam,IPS LED,Resolusi HD,Port Lengkap (USB,HDMI,dan Memory Card),Kamera Bagus cocok untuk Hangout atau Skype,dan jangan lupa kita bisa ganti dari ChromeOS ke Windows atau Ubuntu. Harganya pun 4juta Cek Sendiri. Namanya juga cuma Laptop Standar dengan kebutuhan yang biasa biasa aja,ingat dirumah kan udah ada PC atau Laptop Gaming.

Chromebook

Sekilas tentang Chromebook,laptop ini banyak direkomendasikan di kampus luar negri karena memangkas biaya yang cukup besar dibandingkan dengan Kampus yang mengikut sertakan di Apple For Education atau Windows for Education.Mengenai Google Education banyak kelebihannya dengan yang lain terutama Google Class yang dapat diakses dimana saja tanpa perlu perangkat khusus,iOS dan Android pun bisa mengaksesnya aplikasi itu,Domain Email dengan nama kampus,Penyimpanan di Drive lebih banyak dari user biasa. Dan ChromeOS merupakan OS bawaan Chromebook yang memungkinkan kalian tidak perlu membeli lisensi untuk OS kalian sama halnya dengan Ubuntu yang dapat berjalan di Chromebook.Chromebook merupakan pabrikan dari Google inc dan sudah banyak Developer aplikasi yang menyocokan Aplikasinya agar berjalan stabil di ChromeOS

Sayangnya dengan laptop sebagus itu hanya memiliki 16GB HDD,untungnya disediakan port USB yang memungkinkan pengguna menggunakan HDD External atau bisa juga sync data kalian ke Google Drive ,lebih bagus lagi kalau Kampus kalian sudah bekerja sama dengan Google,Soalnya di Kampus luar negri sendiri Drive itu tidak dibatasi sizenya jadi kita bisa upload file-file dengan bebas ke Drive Kampus.

Cukup sekian dulu saya bahas tentang Laptop Buat Kampus,Kurang lebihnya bisa kalian tambahin di Komentar.Saya sangat-sangat menginginkan komentar yang membangun untuk saya pribadi dan kalian semua,karna komentar kalian akan di gabungkan di post yang bersangkutan jika berkenan.
Share on Google Plus

About F

Hi! I'm Just people who eat a Rice and Love Games,Books,Music,Dance And sharing any information for each other.EMail or iMessage : ngobrolsamaf@gmail.com
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar

Terima Kasih telah mensupport saya