Ada apa di Apple Event September 2016 Kemarin?

Tim Cook
Hampir seluruh penonton Apple Event 2016 kemarin pasti cuma pengen liat iPhone 7 nya aja,termasuk saya juga,hahah..Saya kemarin rela nonton Apple Event dari awal sampai habis dikarenakan...nah kata "dikarenakan" ini banyak banget hal yang bikin saya kaget dengan evolusi produk-produk Apple.

Banyak yang dibahas di Apple Event kemarin,mulai dari Tim yang Karaoke Pool sama James Corden dan Pharrell,Nintendo,Education,iWork,Apple Watch,iPhone, dan Sia. Selama lebih dari satu jam setengah melihat Keynote Apple Event 2016 kemarin saya cuma bisa berkata "wow" dan itu emang keren banget,walaupun perkembangannya tidak secanggih kompetitornya,tetapi Apple memberikan pengalaman tersendiri untuk penggunanya.

Saya akan bahas mulai dari awal sampai habis tentang apa saja yang dibahas di Apple Event 2016 kemarin.

  1. Karaoke Pool with James Corden
Bagi yang kemarin lihat Apple Event 2016 dari awal pasti kaget saat James membuka show Carpool Karaoke di dalam mobilnya bersama Tim. Dan benar saja dugaan saya,itu merupakan acara The Late Late Show with James Corden dengan Tim Cook. Ya seperti acara Carpool James lainnya,penumpang yang bersama James akan bernyanyi mulai dari naik mobil sampai turun dari mobil.Bagi yang tidak tahu Carpool James bisa cek di Saluran CBS atau juga bisa liat Videonya di The Late Late Show . Ini videonya kurang lebih.



Oh iya,sebelum masuk ke selanjutnya,Tim membahas Apple Music yang ke sepuluh dan aplikasi appstore yang sudah terunduh sebanyak 140.000.000.000 (Seratus Empat Puluh Milyar),Wow angka yang sangat banyak apa lagi berbentuk Rupiah,haha.

Saya mau bahas mengenai beberapa Developer yang sekarang akan membuat Aplikasi dan Game pertamanya untuk iOS lalu baru beberapa bulan kemudian baru dibuat untuk versi OS lainnya,ada juga yang aplikasi yang khusus hanya buat iOS saja. Dan itu sudah berkembang sebanyak 2 kali dari jumlah Developer yang membuat khusus aplikasinya untuk iOS. Dan iPad lagi-lagi sebagai perangkat yang banyak digunakan untuk bermain game berat. 

Mengenai kenapa banyak Developer yang membuat khusus aplikasinya di iOS.Pertama banyak pemasukan dari iklan yang di blokir oleh usernya, contohnya seperti pengguna OS Android dengan gampang memblokir iklan yang merupakan pemasukan bagi Developer,yang kedua kalau pun ada premium apps pasti kebanyakan pengguna Android yang menggunakan "Lucky Patcher" atau aplikasi lainnya yang berguna untuk memblokir iklan dan juga sebagai Unlock Premium App,dan yang ketiga jika ada aplikasi berbayar di Play Store dengan mudah pengguna tinggal mencari aplikasi (.apk) di google dan dengan mudah juga pengguna menginstalnya.Kurang lebih itu kenapa sebabnya Developer sekarang mulai melirik xcode sebagai aplikasi wajib dan juga sebagai pemasukan utama bagi mereka.
     
      2.Nintendo (Super Mario Run)

Mario
Saya yakin ga ada yang ga tau sama Super Mario. Dan sekarang Super Mario mempunyai game khusus untuk iOS yaitu Super Mario Run yang akan segera meluncur pada musim liburan bulan depan dan khusus Android sekitar pertengahan 2017.Cari Main Super Mario Run ini cukup mudah, seperti Super Mario Bros di Nintendo pada umumnya tetapi disini Mario jalan sendiri dan kita tinggal loncat-loncat untuk mengumpulkan Koin,Jamur,dan Mengindar dari musuh.


Kita juga bisa battel dengan pemain lainnya tetapi dengan pengguna yang terdaftar dan menginstal Miitomo di Smartphonenya.Ini video game play Super Mario Run.



      3.Education



Mengenai pendidikan Apple cukup perhatian dengan penggunanya,tentunya dengan adanya Apple Education.Pada Apple Event 2016 kemarin,Apple memberikan dukungan ke 114 Sekolah di Amerika berupa MAC dan iPad untuk setiap sekolah,Apple TV untuk setiap kelas,dan 50.000 pelajar diberikan iPad secara gratis.

Tidak hanya itu,sekarang pelajar dapat belajar "ngoding" aplikasi untuk iPadnya sendiri.Menurut saya itu satu langkah lebih maju untuk anak-anak jaman sekarang. Dan tidak lupa ConnectedED sudah siap mulai bulan Juni diseluruh dunia.

      4.iWork



Tidak banyak tambahan mengenai iWork di Apple Event kemarin. "Real Time Collaboration" merupakan satu-satunya hal yang dibahas kemarin. Sebelumnya Real Time Collaboration ini sudah diterapkan oleh Google dan Microsoft terlebih dahulu.Untuk Google kalian bisa Kolaborasi dengan menggunakan Google Doc,Sheet,Slide,dan lain-lainnya. Untuk Microsoft kalian bisa menggunakan semua software Microsoft Office.

Menurut saya update untuk iWork kurang menarik karena Google dan Microsoft sudah memulai terlebih dahulu.

      5. Apple Watch

Apple Watch Nike+ Series


Kalau bahas Apple Watch rasanya ingin punya,tapi sayangnya Apple tidak pernah kirim ke saya. Banyak sekali yang dibahas kemarin Apple Watch,mulai dari peningkatan User Experience,Watch OS 3,Dock,Breath,tambahan Watch Face,Messages yang dengan mudah di bales dengan hanya tulis seperti dikertas di Apple Watch,sampai Apple Watch yang bisa dibawa di kedalaman air 50 Meter.

Pokoknya dari semua yang kemarin dibahas mengenai Apple Watch saya hanya suka peningkatan sensor untuk renang (untuk perenang wajib punya ini),bisa dibawa hingga kedalaman 50 Meter,Apple Watch bisa mengeluarkan air hanya dengan menggunakan speaker,Pokemon GO khusus untuk Apple Watch,Strap yang semakin bagus,911 Call,GPS,dan View Ranger untuk yang suka naik gunung.

Pokemon GO di Apple Watch


Untuk WatchOS 3 akan tersedia 13 September nanti dan untuk Watch dengan strap Nike+ akan tersedia Oktober.

      6. iOS 10

iOS 10


Saya sebagai Beta dari iOS sangat suka banget dengan iOS 10,sebenernya hanya sedikit yang dibahas mengenai iOS 10 kemarin,karena pada bulan lalu Apple sudah memberitahukan seperti apa iOS 10.Yang saya suka dari iOS 10 iMessage yang ada sticker dan animasinya,Jam sekarang berwarna Dark sangat cocok buat membuat alarm pada malam hari dengan minim penerangan agar mata tidak sakit,ada widget di lockscreeen,Apple Music yang makin bagus,dan yang paling penting adalah aplikasi bawaan iOS bisa di Hapus,kecuali Phone,Kamera,Pesan,Tanggal,dll .

      7. iPhone
iPhone 
Mengenai next gen untuk iPhone,cukup membuat saya berkata "wow", dari segi kamera bisa dikatakan 9.5/10 dan dengan teknologinya yang cukup ketinggalan seperti water resistant,dual kamera,dan dual Speaker Stereo,Apple mengemasnya dengan sangat bagus.Langsung bahas aja

iPhone Terjual
Pertama saya akan kasih tau kalau iPhone sudah terjual sebanyak 1.000.000.000 atau bisa dibilang satu Milyar.

Siri Semakin Pintar

Siri sekarang semakin pintar di iOS 10,contohnya kita membalas Whatsapp hanya dengan bantuan Siri,memesan Uber,membooking Tiket,Reservasi Hotel,dan lain-lain.Mengenai Siri sekarang Apple sudah memberikan 3rd Party untuk mendevelopenya.

Warna iPhone 7 Plus
Untuk warna iPhone 7 dan iPhone 7 Plus mempunyai warna baru yaitu Jet Black,sebenarnya kalau liat warna yang Jet Black mengingatkan saya denga iPhone 4/4s dengan warna Black.


Taptic Engine iPhone 7/7 Plus
Mengenai Taptic Engine sekarang lebih pintar di bandingkan iPhone 6s/6s Plus.Karena semakin sensitif bahkan seperti Trackpad Macbook,dan untuk tombol Home Button banyak dikatakan orang agak sedikit aneh karna bisa bergetar. Untuk Home Button Apple memberikan kepada 3rd Party untuk di sesuaikan dengan aplikasinya,dengan ini tombol Home bukan hanya sekedar tombol.

Water Resistance
Sepertinya Apple mulai melihat kebutuhan user akan Water Resistance,dengan meluncurkan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.Dengan Standar Water Resistance IP67 iPhone 7 dan iPhone 7 Plus cukup membuat pengguna nyaman akan Air dan Debu yang mengenai Handphone mereka. Saya ingatkan Handphone dengan standar IP67 tidak bisa digunakan untuk berang karena Handphone tersebut hanya bisa digunakan kurang lebih sedalam Satu Meter dan itupun hanya bertahan selama 30 Menit.

Jadi jangan dipaksa untuk dibawa bernang karna dapat menimbulkan kebocoran di iPhone 7 dan iPhone 7 Plus anda,dan Apple tidak akan menerima Klaim Garansi dengan kebocoran Air di iPhone anda.

Camera iPhone 7 Plus
Mengenai Kamera sekali lagi pengguna semakin ingin pindah ke iPhone 7 Plus.Saya mau bahas kamera depan terlebih dahulu,dengan 7MP (7 Megapixel) kamera depan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus membuat Facetime dan Foto anda semakin bagus karena dengan fitur Retina Flash yang membuat foto anda menjadi terang secara natural,dan jangan lupa slow-mo bisa berjalan mulus dengan kamera depan.Sekarang bayangin aja kamera depan iPhone 6s dengan 5MP saja sudah bagus apa lagi dengan iPhone 7. Sebenarnya masih banyak kelibihan Kamera depan iPhone 7/7Plus,tetapi saya kemarin kurang mencatat mengenai kamera iPhone karna saking takjubnya.Dan jangan lupa banyak Fotographer terkenal memuji Kamer iPhone 7 Plus yang dikatakan sebagai Killer bagi Fotographer pemula

Mengenai Kamera belakang sebesar 12MP,iPhone 7/7 Plus bisa menghasilkan Hasil yang super keren. Pertama OIS (Optical Image Stabilization) bisa sampai 3 kali lebih bagus,AP 1.8 yang menghasilkan foto 50% lebih terang,enam elemen kamera,Sensor kamera lebih cepat,Quad LED Flash yang membuat foto terang secara alami,chip kamera khusus,dan yang paling suka adalah bokeh yang sangat halus seperti kamera Digital ,dan masih banyak banget kelebihan dari kamera depan iPhone 7/7 Plus.

Hasil Foto Kamera iPhone yang sekarang pun,bisa dikatakan perfect.

Hasil 1

Hasil 2
Hasil 3

Hasil  4

Hasil 5



New Instagram
Instagram baru yang akan di Update pertama kal khusus untuk iPhone 7/7 Plus.Ya ga ada yang beda jauh sih dengan sebelumnya,tetapi ada tambahan fitur Boomerang di Story.

Prosesor iPhone 7 dan 7 Plus
di iPhone 7 dan 7 Plus apple menggunakan A10 Fusion,didalamnya terdapat Quad core yang menggunakan 3.3 Miliar Transistor,yang dikatakan akan lebih cepat 40% dari A9. Mengenai Baterai iPhone 7 dan 7 Plus dikatana akan lebih irit 2 jam dibandingkan dengan iPhone 6s.

Untuk Harga iPhone 7 dan 7 Plus cukup lumayan menguras kantong,apa lagi kalau bisa masuk ke Indonesia pasti harganya bisa seharga Motor baru.




Itu merupakan harga iPhone 7 dan 7 Plus dan ingat itu harga 32 GB. Dan mulai dari iPhone 7 size iPhone sudah tidak menggunakan 16GB tapi 32GB.

Airpod
Dan yang membuat saya agak kecewa yaitu Airpod,Kenapa? di iPhone 7 tidak ada port Jack  jadi tidak ada pilihan kalau kalian ingin mendengarkan lagu,bisa menggunakan lighting cabel port yang disediakan oleh iPhone tapi menurut saya tidak efisien,kalau batre iPhone kalian sudah mau habis dan ingin dengar lagu pasti agak susah.Dan harganya itu mahal sekali untuk satu buah headset wireless,banyak vendor lain yang menyediakan headset wireless yang kompetible dengan iOS dan harganya tidak melonjak seperti airpod.

      8.SIA?
Sia

Iya Sia tampil di Apple Event kemarin membawakan lagu barunya yang berjudul "The Greatest" dan satu lagu lama yaitu "Chandelier".

Kayanya cukup saya bahas tentang Apple Event,sebenarnya banyak yang dibahas disana tetapi tidak semua saya masukan karna menurut saya itu sudah banyak dibahas oleh orang lain seperti iOS 10 yang sudah lama muncul untuk beta, tentang Watch OS 3,leak iPhone yang dual Kamera,dll. Cukup sekian dari saya Terima Kasih,kalau ada yang kurang atau salah silahkan komen dikolom komentar.
Share on Google Plus

About F

Hi! I'm Just people who eat a Rice and Love Games,Books,Music,Dance And sharing any information for each other.EMail or iMessage : ngobrolsamaf@gmail.com
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar :

Terima Kasih telah mensupport saya