Tizen OS

Tizen OS? Saya yakin hampir beberapa orang belum pernah mendengar bahkan mengetahui "Tizen OS",ok saya akan jelaskan disini.
Tizen OS

Secara garis besarnya Tizen OS adalah sepupunya Android karna masih satu keturunan yaitu Linux.Tapi Tizen OS ini bisa menjalankan berbagai aplikasi dengan Base OS seperti Android dan iOS,keren kan. Dan lagi OS ini perpaduan dari berbagai macam OS Mobile Linux seperti MEEGO,LIMO,SLP,dan BADA.

Tizen OS bisa dikatakan OS yang dibutuhkan saat ini dan masa depan,karena memudahkan untuk Developer untuk membuat aplikasi di OS ini.Samsung sudah mencolong start untuk mencoba OS Tizen,awalnya Samsung mengembangkan Bada OS lalu beberapa saat kemudian Android muncul dan  Samsung langsung membanting steer dan mempopulerkan Android bersama HTC,lalu beberapa tahun kemudian Samsung mulai melihat Tizen OS dan mulai memindahkan pekerja dari BADA OS ke Tizen OS.Ya hasilnya bisa kita lihat di Seri Z dan Galaxy S4,UHD TV,Smart Gear 2 dari Samsung.Kenapa saya bilang Tizen lebih bagus di bandingkan Android, saya akan ambil contoh simpel antara OS Android dan Tizen OS
Android VS Tizen
  1. Operator Seluler :  Mungkin bagi sebagian negara yang menjual Handphone dengan cara Kontrak dengan Operator Selaluler terkait contohnya di Operator Seluler AT&T. Operator tersebut tidak bisa ikut menDevelop Handphone Android yang akan dijual kepasaran,tetapi dengan Tizen OS Operator seluler berhak menDevelop OS Tizen yang akan dijual melalui Kontrak Seluler yang bersangkutan.
  2. Support : Tizen OS Support JavaScript,HTML5 dan CSS (untuk Web Apps), Bahasa C dan EFL (untuk Native Apps) dan Hybrid Apps. Dengan kata lain Developer lain dapat dengan mudah menyesuaikannya,tidak seperti Android yang hanya menggunakan JavaScript.
  3. Membuat Aplikasi : Membuat aplikasinya pun sudah dengan SDK Friendly seperti membuat aplikasi di Android,bahkan Eclipse sudah ada untuk membuat Software Developer untuk Tizen.
  4. Aplikasi Tizen :   Pernah coba instal IPA (Format Aplikasi iOS) di Android? pastinya tidak bisa.Tapi aplikasi yang dibuat untuk Tizen akan bisa berjalan di iOS dan Android maupun sebaliknya. Ini ada video contoh Aplikasi Android APK (Format Aplikasi Android)  yang coba diinstal di Tizen OS.



Beberapa list produk yang menggunakan Tizen OS versi Tizen Indonesia Blog

  • Handphone
-Samsung Z1
-Samsung Z2
-Samsung Z3
  • Smart TV
-Samsung Tizen TV
-Samsung SUHD TV
-Samsung SUHD TV 2016
  • Kamera Digital
-Samsung SMART Camera Mirrorless NX300
-Samsung SMART Camera Mirrorless NX2000
-Samsung SMART Camera Mirrorless NX300M
-Samsung SMART Camera Mirrorless NX30
-Samsung COMPACT System Camera NX1
-Samsung SMART Camera Mirrorless NX500
  • Wearable Device
-Samsung Gear 2
-Samsung Gear 2 Neo
-Samsung Gear 
-Samsung Gear S
-Samsung Gear Slimband
-Samsung Gear S2,Gear S2 Classic dan Gear S2 3G
-Samsung Gear S2 Classic New Edition
-Samsung Gear Fit2

  • Samsung GEAR VR 2016


Sekian pembahasan saya mengenai Tizen OS,bagi kalian ada yang mau menambahkannya silahkan komen dibawah.See ya


Share on Google Plus

About F

Hi! I'm Just people who eat a Rice and Love Games,Books,Music,Dance And sharing any information for each other.EMail or iMessage : ngobrolsamaf@gmail.com
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar

Terima Kasih telah mensupport saya